20 Mei 2013

A Childish Saturday, and Buku Berjalan

Sabtu lalu (18 Mei), adalah hari terakhir Buku Berjalan mengadakan kegiatan di SD Al-Hidayah, Rancaekek, Bandung. Sungguh beruntung buat gue, yang bisa punya kesempatan di waktu yang pas untuk membuat film dokumenter (yang sesungguhnya tugas kuliah pengantar Ilmu Manajemen Komunikasi) dari kegiatan mereka tersebut. 


Awalnya gue mendengar kegiatan ini dari seorang teman yang ikut jadi volunteer kegiatan ini, namanya Dayinta Sekar Pinastika, mahasiswi jurusan Hubungan Internasional Universitas Parahyangan. Ketika mendapat tugas memproduksi film dokumenter, entah kenapa langsung kepikiran untuk meliput kegiatan mereka. 

It was such a bliss that day, pas gue dateng langsung disambut suara teriakan - teriakan anak - anak kelas 5 dan 6 SD yang main kejar - kejaran sama si badut.



Kata Day, hari itu hari yang spesial karena merupakan hari terakhir mereka akan mengajar disana setelah setahun lebih mengadakan kegiatan Buku Berjalan. Kini, anak - anak didikan mereka sudah bisa mandiri dan punya kesadaran dan minat yang lebih untuk membaca. Hari itu juga lain dari biasanya karena ada pemutaran film yang diproduksi oleh Day dan kawan - kawan, juga dibintangi oleh dua anak dari SD tersebut! Bagus, bagus, bagus dan bagus sekali filmnya deh, sungguh! Tapi saya nggak kaget suh karena teman saya si Day ini emang jago fotografi sih dan anaknya artsy banget hehe. Itu yang baju kotak - kotak foundernya Buku Berjalan loh. Anak HI juga!



 


Selesai pemutaran film sesi pertama, kira - kira pukul 10 kakak - kakak buku berjalan mulai sesi membaca. Anak - anak kelas lima yang sudah mendapat giliran nonton langsung berhamburan keluar, memilih buku dan kemudian sibuk membaca atau berdiskusi bersama teman dan kakak pembimbing. Gue sempat ngobrol - ngobrol dengan adik - adik siswa/i SD situ. Duh, mereka manis banget dan mengaku seneng baca buku bahasa inggris. Gue seneng banget dengernya. :)

Sempat ngobrol dengan beberapa volunteer, kebanyakan emang mahasiswa Parahyangan, tapi sempet ketemu juga loh sama anak Fikom Unpad 2010 jurusan Manajemen Komunikasi. Sempet ngobrol juga sama humasnya, dia bilang selanjutnya kegiatan Buku Berjalan akan lebih terfokus sebagai penyalur buku - buku ke sekolah - sekolah yang membutuhkan.

Akhir sesi, ada perpisahan kecil gitu. Anak - anak nulis surat kesan - pesan buat kakak - kakak Buku Berjalan, mengharukan juga sih tapi lucu huhu.

Humas nya Buku Berjalan lagi ngajarin Citra Bahasa Inggris hehe.


Seru - seru dan gila - gila juga sih kakak - kakak Buku Berjalan ini, haha!

The whole time gue filming, gue seneng banget entah kenapa. Mungkin karena ngeliatin anak - anak super lucu yang gak bisa diem dan selalu happy itu. Di kejarin badut aja teriakannya udah kayak ketemu artis favorit gitu. Tapi ya gitu, gue jadi pengen ikut kegiatan sosial kayak gini yang berhubungan dengan anak - anak. Be around the innocent hearts more often, keep the heart young. 

And maybe you guys should too!


More information go check out their twitter account: @bukuberjalan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar